Wednesday 5 August 2015

Pengolahan Data Geolistrik

Pengolahan data geolistrik tahanan jenis dalam penelitian ini diawali dengan pengolahan data lapangan. Metoda yang digunakan dalam hal ini adalah perhitungan secara matematis untuk mendapatkan tahanan jenis semu. Dalam rangka untuk mengetahui model penyebaran resistivitas di sekitar bidang gelincir (kondisi bawah permukaan di daerah penelitian) dilakukan pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak RES2DINV . Parameter input program ini adalah resistivitas
semu yang telah dihasilkan dari perhitungan data lapangan ditambah dengan data- data pendukung seperti spasi elektroda dan koordinat. Hasil inversi dengan menggunakan perangkat lunak RES2DINV berupa profil penampang 2D secara vertikal yang dapat menunjukkan kedalaman dan sebaran resistivitas sebenarnya. Keluaran RES2DINV dari hasil inversi juga dapat berupa angka/nilai dalam bentuk data koordinat (x, y, z). Data yang dimaksud terdiri atas akumulasi jarak elektroda dari elektroda pertama, kedalaman penetrasi, nilai resistivitas sebenarnya (true resistivity) dan konduktivitas material bawah permukaan.

Data koordinat (x, y, z) ini dapat dijadikan sebagai data masukan untuk proses pemodelan kubus/balok resistivitas (3D). Program yang digunakan dalam pemrosesan ini adalah perangkat lunak Rock Works  untuk menggambarkan profil tiga dimensi dari hasil ekstrapolasi beberapa penampang 2D yang telah dihasilkan. Dengan menggunakan program ini, dapat pula dibuat sayatan-sayatan, baik ke arah vertikal (arah z) maupun ke arah horisontal (arah x dan y).

Share this

0 Comment to "Pengolahan Data Geolistrik"

Post a Comment