Sunday 27 September 2015

Sifat Kemagnetan Bumi

Apakabar sahabat geofisika ?
Kali ini kita akan membahas mengenai sifat kemagnetan Bumi.
Jika magnet batang dapat bergerak bebas, magnet tersebut cenderung menunjukkan arah utara-selatan. Ujung magnet yang menunjuk ke arah utara disebut kutub utara magnet (U) dan ujung magnet yang menunjuk ke arah selatan disebut kutub selatan magnet (S). Hal itu menunjukkan bahwa ada medan magnet luar yang mempengaruhi jarum kompas. Medan magnet luar tersebut tidak lain adalah medan magnet yang berasal dari bumi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bumi mempunyai sifat magnet dengan kutub utara bumi merupakan kutub selatan magnet dan kutub selatan bumi merupakan kutub utara magnet. Karena bentuk bumi bulat, sumbu bumi dapat kita anggap sebagai magnet batang yang besar. Sampai sekarang, tidak ada seorang pun yang tahu mengapa bumi bersifat magnet.  

Gambar 1. Sudut Deklinasi

Sudut penyimpangan yang dibentuk oleh jarum kompas terhadap arah selatan bumi disebut sudut deklinasi. Bila kutub utara jarum kompas menyimpang ke arah timur (ke kanan) maka sudut deklinasinya positif, dan sebaliknya bila kutub utara jarum kompas menyimpang ke arah barat (ke kiri) maka sudut deklinasinya negatif. Bila beberapa daerah mempunyai sudut deklinasi yang sama disebut Isogon. Besar sudut deklinasi suatu tempat berubah-ubah dari tahun ke tahun.

Selain membantuk sudut terhadap arah utara selatan bumi, jarum kompas juga membentuk sudut terhadap bidang datar. Sudut kemiringan yang dibentuk oleh jarum kompas terhadap bidang datar disebut sudut inklinasi. Sudut inklinasi positif terjadi bila kutub utara jarum kompas menunjuk kea rah bawah dan sebaliknya sudut inklinasinya negatif  bila kutub utara jarum kompas menunjuk ke arah atas.

Gambar 2. Sudut Inklinasi


Beberapa tempat yang memiliki sudut inklinasi yang sama disebut Isoklin. Di daerah kutub mempunyai sudut inklinasi maksimum sebesar 900, sedangkan pada daerah katulistiwa mempunyai sudut inklinasi minimum sebesar 00, sehingga daerah katulistiwa disebut juga daerah aklin.

Share this

0 Comment to "Sifat Kemagnetan Bumi"

Post a Comment