Wednesday 26 April 2017

Anomali Bouguer (Bouguer Anomaly)

Anomali Bouguer   (dinamai oleh Pierre Bouguer  ) pada metode gayaberat disebabkan oleh benda anomali baik yang berada dekat dengan permukaan maupun yang jauh dari permukaan bumi. Karena tujuan eksplorasi geofisika pada umumnya untuk mempelajari struktur yang dekat permukaan (cekungan hidrokarbon, reservoir panas bumi, sumber daya alam, struktur geologi), maka berbagai usaha telah dilakukan untuk memisahkan efek residual dari efek regional.
Anomali Bouguer   merupakan selisih antara harga gayaberat pengamatan ( ) dengan harga gayaberat teoritis ( ) yang didefinisikan pada titik pengamatan bukan pada bidang referensi, baik elipsoid maupun muka laut rata-rata. Selisih tersebut merefleksikan variasi rapat massa yang terdapat pada suatu daerah dengan daerah sekelilingnya ke arah lateral maupun ke arah vertikal.
Anomali Bouguer   dapat bernilai positif ataupun negatif. Nilai anomali positif mengindikasikan adanya kontras densitas yang besar pada lapisan bawah permukaan biasanya ditemukan pada survey di dasar samudera. Anomali negatif menggambarkan perbedaan densitas yang kecil dan pada umumnya didapat pada saat survei gayaberat di darat.
Setelah dilakukan koreksi terhadap data percepatan gayaberat hasil pengukuran maka akan diperoleh persamaan anomali percepatan gayaberat (Blakely, 1996) yaitu:
1. Anomali Bouguer   Sederhana (ABS)
                             

2. Anomali Bouguer   Lengkap (ABL)

                                

Share this

0 Comment to "Anomali Bouguer (Bouguer Anomaly)"

Post a Comment