Wednesday 5 August 2015

Geolistrik Tahanan Jenis

Geolistrik merupakan salah satu metoda geofisika yang mempelajari sifat aliran  listrik di dalam bumi dan bagaimana cara mendeteksinya di dalam bumi dan  bagaiman cara mendeteksinya di permukaan bumi. Dalam hal ini meliputi pengukuran potensial, arus dan medan elektromagnetik yang terjadi baik secara alamiah ataupun akibat injeksi arus ke dalam bumi. Ada beberapa macam metoda geolistrik, antara lain : metoda potensial diri, arus telluric, magnetotelluric, IP (Induced Polarization), resistivitas (tahanan jenis) dan lainlain. Dalam praktikum kali ini, dibahas khusus metoda geolistrik tahanan jenis. 

Pada metoda geolistrik tahanan jenis ini, arus listrik diinjeksikan ke dalam bumi melalui dua elektroda arus. Kemudian beda potensial yang terjadi diukur melalui dua elektroda potensial. Dari hasil pengukuran arus dan beda potensial untuk setiap jarak elektroda yang berbeda kemudian dapat diturunkan variasi harga hambatan jenis masing-masing lapisan dibawah titik ukur  (sounding point).

Metoda ini lebih efektif jika digunakan untuk eksplorasi yangsifatnya dangkal, jarang memberikan informasi lapisan dikedalaman lebih dari 1000 feet atau 1500 feet. Oleh karena itu metoda ini jarang digunakan  untuk eksplorasi minyak tetapi lebih banyakdigunakan dalam bidang engineering geology seperti penentuan kedalaman batuan dasar, pencarian reservoar air, juga digunakan dalam eksplorasi geothermal. Berdasarkan letak (konfigurasi) elektroda-elektroda potensial dan elektroda-elektroda arus.

Dikenal pula beberapa konfigurasi pada metode tahanan jenis resistivitas antara lain :
  1. Konfigurasi Schlumberger.
  2. Konfigurasi Wenner-wenner.
  3. Konfigurasi Wenner-Schlumberger.
  4. Konfigurasi Dipole-dipole.
  5. Konfigurasi Pole-pole.
  6. Konfigurasi Pole-dipole.

Share this

0 Comment to "Geolistrik Tahanan Jenis"

Post a Comment