Saturday 21 October 2023

Kenapa Mengantuk Saat Belajar

Mengantuk saat belajar sangat umum terjadi pada semua orang dari berbagai kelompok usia. Rasa ngantuk dapat terasa tak hanya ketika sedang belajar sendirian, tetapi juga saat belajar bersama dalam ruang kelas.

Banyak hal yang mendasari fenomena yang terjadi pada tubuh ini. Akan tetapi, tingkat konsentrasi pelajar cenderung menurun karena mengantuk setelah sekitar 10 menit pertama dalam kelas.

Nah, sebelum mencari tahu cara menghilangkan ngantuk saat belajar, Anda perlu memahami terlebih dahulu, apa saja kondisi yang dapat menyebabkan hal ini terjadi, seperti makan terlalu berlebihan.

Umumnya, mengantuk setelah makan merupakan hal yang wajar dan Anda tak perlu merasa khawatir karena hal tersebut. Pasalnya, rasa kantuk ini biasanya akan hilang setelah beberapa saat.

Saat porsi makanan yang dikonsumsi terlalu banyak, Anda akan merasa kekenyangan, sehingga memicu timbulnya rasa mengantuk saat belajar yang sulit hilang.

Selain itu, jika sering merasa mengantuk saat sedang belajar, mungkin Anda mengidap hipersomnia. Ini adalah kondisi saat seseorang terus mengantuk sepanjang hari atau menghabiskan waktu terlalu lama untuk tidur.

Setiap menjalani aktivitas yang memerlukan konsentrasi, pengidap hipersomnia akan langsung merasakan rasa kantuk yang amat sangat. Bahkan, meskipun pada malam sebelumnya telah tidur dengan waktu yang cukup.


Share this

0 Comment to "Kenapa Mengantuk Saat Belajar"

Post a Comment