Thursday 27 April 2017

Struktur Tektonik Kepualau Seram

Daerah penelitian Pulau Seram terletak sepanjang utara busur Banda, Indonesia bagian timur. Pulau Seram berada pada zona tektonik kompleks, karena Pulau Seram merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu: Lempeng Australia, Lempeng Pasifik-Filipina, dan Lempeng Eurasia (Gambar 1)
.

Gambar 1. Elemen-elemen Tektonik Indonesia Timur (Barber, dkk., 2003)

Pulau Seram merupakan suatu kompleks mobile belt di bagian barat Busur Banda dan merupakan wilayah pertemuan antara kerak benua Australia, Kerak samudera Pasifik serta kerak benua Eurasia. Pulau Seram dibatasi oleh 2 sistem sesar mendatar mengkiri, yaitu system sesar di bagian utara Sorong dan sesar Tarera – Aiduna di bagian selatan . Konfigurasi pulau Seram dibentuk mulai dari sesar-sesar naik bersudut lancip hingga sesar mendatar. Seram memiliki tatanan tektonik yang kompleks, pada umumnya sesar naik dan sumbu antiklin yang berarah barat laut – tenggara mengindikasikan bahwa deformasi pada daerah ini dipengaruhi oleh kompresi yang berarah timur laut – barat daya.

Lipatan dan sesar singkapan di Seram bersambung ke selatan Seram hingga 100 km lepas pantai (Schiefelbein dan Haven, 1995) dimana terlihat seperti kelanjutan ekresi kompleks dari Banda Arc .

Share this

0 Comment to "Struktur Tektonik Kepualau Seram"

Post a Comment